3 Kerugian Pacaran Bagi Kaula Muda Tanah Air

Kampusdunia.com  – Ada satu fenomena tidak baik yang belakangan menjadi marak dan seakan akan menjadi hal yang lumrah.Fenomena tersebut adalah yang kerap kali kita sebut dengan pacaran.Entah sejak kapan istilah ini mulai muncul, akan tetapi hal ini sungguh sangat meresahkan.
 
Kenapa pacaran itu meresahkan ? Karena ada bahaya-bahaya yang akan timbul sebab pacaran.Bahaya Pacaran seringkali terkena kepada kaula muda atau remaja karena memang bagian besar golongan yang melakukan pacaran adalah para pemuda atau remaja saja.

Hal yang seharusnya ada batasan pergaulan antara wanita dan pria menjadi seperti tidak ada batasan lagi.Ini terjadi kepada mereka yang pacaran tentu ini bisa menjadi bahaya baik segi agama maupun lingkungan kehidupan.

Dalam Islam sangat jelas bahwa pacaran sangat dilarang, Bisa kamu lihat firman Allah dalam  Al-Qur’an yang artinya “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” ( Qs. Al-Isra’ : 32 ).

Kerugian dalam Pandangan Agama

Dalam islam pacaran jelas telah dilarang karena pacaran jelas sekali adalah satu perbuatan yang mendekati zina dan zina merupakan dosa.Kenapa dikatakan mendekati zina ? sebab belakangan terlihat tidak ada golongan orang yang berpacaran tidak berdua-duaan, tidak jalan sana sini berdua, apalagi teknologi informasi yang berkembang membuat kamu yang pacaran lebih kreatif.Kreatif yang dimaksud ketika kamu tidak jalan atau berdua-duaan dengan pacarmu, kamu telponan, bbm –an, chat sana sini, sehingga tanpa sadar merasakan saling berbicara sampai menimbulkan syahwat diantara kalian.Hal ini juga mengantarmu pada perbuatan zina yang memalukan.

Jika kamu orang yang memiliki agama , tanyakan lagi pada dirimu mengapa kamu pacaran ? apakah karena cinta atau karena syahwat ? dan mampukah kamu menahan syahwat baik yang di sadari maupun yang tidak diradari ? Lebih baik kamu menghindari pacaran!

meski kamu pacaran karena cinta pun tidak dibenarkan sebab  kamu akan cenderung melupakan cintamu kepada sang Allah SWT.Hal ini juga kerugian karena kamu akan tercap sebagai seseorang yang pernah melakukan syirik mahabbah yakni mencintai mahkluk lebih dari mencintai sang Khaliq.

Kerugian dalam Segi Sosial

Kalau dipandang dari segi sosial, biasanya para kaula muda yang berpacaran lebih banyak berinteraksi bersama pacaranya.Semakin hari pergaulannya semakin terbatas bahkan bisa sampai melupakan sahabat-sahabat, teman, bahkan orang-orang disekitarnya.

Bahkan pada suatau ketika kamu bisa kehilangan etika.Misal kamu yang berpacaran berdua-duaan, bermesraan di depan umum, hal ini tentu nya tidak mencerminkan sebagai manusia yang berakhlak dan beretika.
Kerugian lain dalam segi sosial adalah kamu menjadi pribadi yang sukar untuk dinasehati.Bagaimana tidak, kamu terkadang lebih mendengarkan apa yang dikatakan kekasihmu ketimbang mendengarkan nasehat sahabatmu, ketimbang mendengarkan nasehat keluargamu, ketimbang mendengarkan nasehat kamu lebih tahu.

Kerugian dalam Segi Menata Masa Depan

Dalam kacamata keberhasilan pacaran bisa jadi penghambat dalam meraih masa depan.Kaula muda bisa kehilangan pegangan bahkan keinginan dalam menentukan cita-cita.Hari-hari orang yang berpacaran biasanya di isi dengan memikirkan kekasihnya, yang ia inginkan hanya berdua-dua an dan lain sebagainya.Keadaan ini membuat pemuda yang berpacaran kehilangan fokus mencapai cita-cita dan impian.Memang ada juga orang yang berpacaran fokus semangat untuk mencapai impiannya, akan tetapi ini hanya satu kisah diantara 100 ribu cerita.Kebanyakan pacaran anak muda sekarang hanya menghambat pencapaian masa depan.

Godaan nafsu syahwat juga kerap kali merusak masa depan seseorang.Tentunya hal ini berkaitan dengan zina yang merusak masa depan, merusak kehormatan keluarga dan lain sebagainya.

Masa depanmu juga bisa hancur disebabkan  kamu akan mudah menjadi pribadi yang pemurung, mudah sedih, kamu selalu galau memikirkan kekasih yang hanya cahaya kilat yang sekejap menghilang sehingga melupakan bahwa kamu harus meraih masa depan mu dengan semaksimal mungkin.

Perasaan memang diberikan kepada manusia, akan tetapi bukan untuk pacaran.Jika kamu memang mencintai seseorang raih masa depanmu sebaik-baiknya, jadilah pribadi yang mapan dan segeralah lamar dirinya.Manusia adalah makhluk yang paling mulia, jangan sampai kamu tidak mampu mengendalikan diri hanya karena syahwat, hanya karena kamu tergoda akan nikmat yang hanya seperti kilat [sekilas saja] didunia.
Dan akhirnya sekian ulasan tentang bahaya pacaran bagi kaula muda semoga kita tidak terjerumus ke jalan yang tidak semestinya.


Tag : Islam
0 Komentar untuk "3 Kerugian Pacaran Bagi Kaula Muda Tanah Air"

Back To Top