Cara mudah memperkecil ukuran video tanpa mengubah kualitasnya

Mutiara Buat mahasiswa Bulan ini “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela
Ini berasal dari pengalaman saya, ceritanya saat itu saya sedang belajar mengedit dan memanipulasi video.Pada saat saya belajar mengedit video, saya menggunakan aplikasi yang paling ternama sejagat video editor, yaitu adobe premiere cs 6. Kemudian belajar punya belajar, saat saya menyimpan video yang sudah saya edit dan manipulasi, alhasil ukuran video yang selesai menjadi sangat besar.Lalu saya kebingungan saat ingin memasukkan video tersebut ke akun youtube saya. Kemudian saya coba searching tentang bagaimana mengecilkan ukuran video tanpa mengubah kualitasnya dan saya mendapatkan penyelesaiannya.Cara penyelesaiannya adalah menggunakan aplikasi yang bernama handbrake. Aplikasi Handbrake ini khusu memang digunakan untuk memperkecil ukuran video anda tanpa merusak kualitasnya.

Mungkin dari kamu yang membaca tulisan di blog saya ini pernah atau sedang mengalami masalah serupa dan sedang mencari penyelesaiannya.Karena itu saya ucapkan selamat !! Anda menemukan tulisan yang tepat karena di bawah saya akan membuat tutorial bagaimana cara mengecilkan ukuran video tanpa merusak kualitas aslinya menggunakan software handbrake.Silahkan kamu amati dan cermati secara baik-baik untuk setiap langkah-langkahnya.Satu lagi tutorial di bawah saya buat dengan anggapan kamu sudah menginstall software handbrake tersebut.Kalau kamu belum menginstallnya, silahkan install terlebih dahulu.

Tutorial Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengubah Kualitas Video

Langkah Pertama
Bukalah aplikasi handbrake yang kamu miliki.
Langkah kedua,
Pilih file video yang ingin anda kecilkan ukurannya dengan mengklik tombol source pada jendela aplikasi handbrake dan pilih file lalu pilih video nya.Apakah jelas ? Lihat gambar di bawah ini, bagian yang harus di klik sudah saya beri persegi dengan warna merah.
Setelah kamu klik file , maka kamu akan memilih video yang akan di perkecil ukurannya, seperti gambar milik saya di bawah ini.Saya memilih video dengan nama Sequence 01.
 
Langkah ketiga
Selanjutnya, Anda di haruskan memilih tempat dimana hasil video yang anda perkecil ukurannya di tempatkan nantinya.Anda juga harus memberi nama yang baru untuk video tersebut. Cara memilihnya adalah dengan mengklik tombol browser pada daerah kotak destination.Silahkan lihat gambar di bawah ini agar kamu bisa memahami dengn jelas.
 
Setelah anda klik akan muncul gambar lagi seperti ini, dan pada gambar ini saya berikan nama video saya “cerita nabi yakub dan nabi ishaq” dengan format mp4.
Nantinya setelah dikecilkan video saya yang sequence 01 akan menjadi “cerita nabi yaqub dan nabi ishaq” dengan format mp4.Silahkan kamu berikan video mu nama dan format yang kamu inginkan.

Langkah ke 4
Klik tombol START yang berada di sebelah tombol SOURCE tadi.Kemudian jika tidak ada kesalahan dalam proses maka secara otomatis proses pengecilan ukuran video anda akan dijalankan.Lihat Gambar di bawah sudah berjalan 3,85%.
Langkah ke 5
Proses selesai. Proses selesainya dapat anda lihat di bagian bawah software ada tulisan queue finished.Silahkan  kamu lihat Videomu tadi dimana kamu meletakkannya, jangan lupa lihat ukurannya.Tentu sudah berhasil di perkecil.
Oke, seperti itulah cara atau tutorial untuk memperkecil ukuran video kamu tanpa merusak atau merubah kualitas aslinya.Silahkan langsung kamu praktekkan cara dari saya ini.Jika masih kurang jelas silahkan kamu berkomentar di kolom komentar yang tersedia di bawah ini dengan bahasa yang baik.
Thankyu telah berkunjung di blog sederhana saya ini.
By : Saharuddin Albugisi [ pemilik blog ]
Mutiara Buat mahasiswa Bulan ini “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

0 Response to "Cara mudah memperkecil ukuran video tanpa mengubah kualitasnya "

Post a Comment