Ingin Lolos Bidikmiksi ? Baca 9 Tips Ampuh ini

Kampusdunia.com – Saat ini banyak lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi namun terkendala oleh biaya.Salah satu cara agar bisa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi adalah dengan mengincar beasiswa.
 
saat ini di Indonesia banyak beasiswa yang tersedia.Beasiswa bidikmiksi merupakan satu diantara banyaknya beasiswa yang paling dikenal diindonesia.Karenanya banyak lulusan SMA sederajat yang mengincar beasiswa ini sehingga persaingan menjadi semakin ketat.

Perjuangan kamu untuk memperoleh beasiswa bidikmiksi sebenarnya telah dimulai dari masuk SLTA dan dilanjtkan ketika selesai di SLTA tersebut.
Tapi tenang saja, anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa bidikmiksi jika mengikuti atau menerapkan 9 tips agar lulus bidikmiksi di bawah ini .

Usahakan Memiliki Kriteria yang Tertera

Kamu harus memastikan kalau kamu memiliki kriteria-kriteria yang utama.Kriteria Utama itu meliputi ketidakmampuan dan berprestasi.Jika kamu tidak memiliki kedua kriteria ini, sebaiknya coba alternatif beasiswa lain sebab besiswa bidikmiksi dikhususkan untuk yang kurang mampu dan berprestasi.

Persiapkan Berkas Berkas nya Dengan Lengkap

Kamu harus mempersiapkan dengn lengkap segala berkas yang berkaitan, berkas berkas yang telah di beritahukan sebelumnya.Biasanya berupa foto, fotocopy rekening listrik terakhir, foto copy pendapatan orang tua dan lain-lain.

Teliti dalam Mengisi Formulir

Hal ini juga harus sangat diperhatikan, anda harus benar benar mengisi formulir dengan data yang benar.Pastikan keseluruhan borang anda isi.Bukan hal yang tidak mungkin anda lulus seleksi akan tetapi data anda salah sehingga menjadi masalah dikemudian hari.

Masuklah Lewat Jalur yang tepat

Biasanya untuk mendapatkan beasiswa bidikmiksi adalah melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.2 Jalur ini adalah jalur nasional yang paling banyak diikuti oleh calon mahasiswa baru saat ini.Anda mungkin telah mengetahui seberapa tenarnya 2 jalur nasional ini.Selain itu juga biasanya juga ada jalur yang telah disediakan oleh kampus masing masing.


Pilihlah Jurusan yg tepat

Ketika kita di hadapkan pada borang pilihan jurusan, biasanya ada 3 kelompok yaitu kelompok SOSIAL HUMANIORA,  SAINS TEKNOLOGI dan CAMPURAN.Jika anda memiliki basic atau berasal dari jurusan IPS sebaiknya anda mengambil pilihan pada kelompok SOSIAL HUMANIORA, begitu juga sebaliknya jika anda memiliki basic di bidang IPA maka sebaiknya anda memilih kelompok SAINS TEKNOLOGI.Lalu jika anda memiliki basic dari kedua nya ( IPS dan IPA ) maka anda bisa memilih kelompok CAMPURAN.Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat anda.Tidak sedikit kasus mahasiswa salah jurusan di Indonesia tercinta ini, jangan sampai anda menjadi yang selanjutnya.

 Pilih Universitas atau Perguruan Tinggi yang Tepat

Kamu harus tahu tidak semua perguruan tinggi memiliki atau menerima beasiswa bidikmiksi.Kalaupun universitas yang ada disekitarmu memiliki beasiswa bidikmiksi pasti memiliki kuota yang terbatas.

 Perbanyak Bertanya

Informasi tidak akan datang sendirinya kedalam kepala anda, Anda harus sering dan selalu bertanya kepada orang-orang yang telah terlebih dahulu menerima beasiswa bidikmiksi ini.Tanyakanlah segala hal yang berkaitan dan seluk beluknya.Dengan demikian anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tambahan sebagai bahan pertimbangan.

Berusaha & Berdoa
Usaha yang sungguh-sungguh akan selalu menuai hasil yang baik.Berikanlah usaha terbaik anda ketika mengurus segala sesuatunya.Usaha anda sebenarnya harus dimulai ketika anda masih dibangku SMA sederajat karena nilai prestasi dinilai dari sana.Kemudian untuk yang ikut SBMPTN belajarlah lebih giat, pelajari lagi soal-soal yang SBMPTN tahun tahun lalu.Bentuk-bentuk nya dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Kemudian jangan lupa berdoa dan tawakkal kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan untuk mendapatkan beasiswa bidikmiksi ini.

Sekian, semoga anda, kamu beseta yang lainnya bisa mendapatkan beasiswa bidikmiksi yang kamu inginkan.