Tips Hidup Hemat Saat Ngekost di Jakarta

Mutiara Buat mahasiswa Bulan ini “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela
Hidup hemat saat ngekost di Jakarta kadang jadi hal yang sulit bagi sebagian besar perantau. Kebanyakan sih, orang-orang yang datang ke Jakarta kan memang buat cari kerja dan memang kerja di Jakarta gajinya gede. Di sini nih kita bakal diuji dengan gaya hidup di ibu kota yang kadang bikin boros. Ada mall di mana-mana, cafe dan restoran hits juga gampang ditemui. Alhasil, gaji buat sebulan ludes deh dalam hitungan hari. Memang ada ya cara hidup hemat saat ngekost di Jakarta? Ada banget! Coba deh kamu simak di sini!
 

1.Membiasakan Hidup Sederhana


Glamornya kehidupan ibu kota sebenarnya bukan jadi alasan buat kamu untuk hidup boros dan bermewah-mewah. Ingat, kamu datang ke Jakarta buat cari uang demi masa depan kamu dan juga membahagiakan orang tua kamu. So, jangan lalu terjerumus pada gaya hidup yang boros, ya. Mikirnya gini deh, kalau naik ojek aja bisa sampai tujuan, kenapa harus bergaya “takut kepanasan” dan naik taksi? Kalau makan di warteg aja bisa 4 sehat 5 sempurnya, kenapa harus makan di restoran? Dengan pemikiran seperti ini, yakin deh kamu bakal terhindar dari gaya hidup boros yang rawan menjangkiti anak kost di Jakarta.

2.Cari Kost yang Sederhana

Banyak anak rantau yang kaget saat melihat rumah kost di Jakarta. Memang sih, banyak kost exclusive Jakarta dengan fasilitas mewah yang bisa kamu tinggali. Tapi ingat, gaji kamu sebulan kan bukan cuma buat bayar kost aja. Kamu masih banyak pengeluaran lain, belum nabungnya juga. So, pilih aja deh kost yang sederhana. Banyak kok kosan jakarta atau daerah lain di Jakarta yang bertarif terjangkau. Ingat, aktivitas kamu kan gak melulu di kamar kost. Paling cuma dipakai tidur, kan? So, gak perlu deh kost yang mewah-mewah. Kalau bisa biaya kost kamu gak lebih dari 20% dari gaji yang kamu terima. Pilih juga kost yang dekat dengan tempat kerjamu. Jangan sampai kamu kerja di Jakarta tapi tinggal di kost Gading Serpong, misalnya. Kan bisa habis gajimu buat modal bolak-balik Jakarta-Tangerang tiap hari meski kalau dipikir-pikir kost Gading Serpong murah harganya.

3.Belanja Seperlunya

Ini nih godaan terbesar saat kamu ingin hidup hemat saat ngekost di Jakarta. Mall dan tempat belanja ada di mana-mana. Di sini kamu harus bijak memisahkan keinginan dengan kebutuhan. Beli barang yang memang kamu butuhkan saja. Jangan sampai gajimu menguap dengan cepat gara-gara kamu kebanyakan beli barang yang gak penting. Kalau bisa, hindari belanja kebutuhan untuk sebulan di mall karena lebih banyak godaannya. Beli saja di toko grosir atau toko kelontong yang jatuhnya nanti lebih murah.

4.Selektif Saat Berteman

Bukan maksudnya untuk pilih-pilih, sih. Tapi kadang faktor teman juga jadi alasan utama kamu jadi boros di Jakarta. Semisal kamu dapat kenalan teman-teman yang hobinya nongkrong di mall setiap hari dan kamu harus ikut gaya hidup mereka biar tetap akrab, kan pengeluaranmu juga yang bakalan membengkak tiap bulannya. Bertemanlah dengan mereka yang sepemikiran sama kamu dan juga punya konsep hidup sederhana. Dijamin deh, kalian gak bakal pusing memikirkan keuangan yang udah ludes di tengah bulan.
Jadi anak rantau di Jakarta itu seru kok. Asalkan kamu bisa hidup hemat saat ngekost di Jakarta, kamu akan tetap punya tabungan dan bisa ngekost dengan tenang di ibu kota. Buat kamu yang memang ada rencana untuk sewa kamar kost di Jakarta, yang terpenting sekarang adalah cari kost yang sesuai dengan budget kamu. Kalau budget kamu terbatas, masih banyak kost Cempaka Putih murah atau daerah lain di Jakarta yang harganya murah juga.

Mutiara Buat mahasiswa Bulan ini “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

0 Response to "Tips Hidup Hemat Saat Ngekost di Jakarta"

Post a Comment