3 Cara Nyata untuk Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya

Mutiara Buat mahasiswa Bulan ini “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela
Kampusdunia.com – Inovasi teknologi dan seni menuju Riau Bebudaya, setidaknya seperti itu lah judul pos kali ini. Perkembangan Teknologi sudah tidak terbendung lagi, era digital sudah menjadi-jadi. Hari ini siapapun bisa menjadi apapun. Hari ini apapun sudah bisa di terapkan digitalisasi untuk memudahkan kinerja manusia, tinggal sumber daya manusia dari suatu wilayah yang menjadi kendala.

Sedikit membuka lembah sejarah komputer, Komputer pertama berukuran sangat besar. Komputer pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).Dahulu ENIAC bukan dibuat untuk membantu pekerjaan perkantoran seperti  saat ini,  akan tetapi digunakan untuk senjata perang. Sangat beda dengan sekarang, adabanyak inovasi – inovasi terbaru yang sangat berguna.
Penerapan perkembangan Information Communication Technologies (ICT) sudah merembes ke semua lini kehidupan. ICT era pendidikan, ICT E-Goverment, bahkan budaya juga telah terpengaruh oleh ICT.


INOVASI TEKNOLOGI DAN SENI MENUJU RIAU BERBUDAYA

Inovasi merupakan penemuan baru untuk kehidupan manusia, Baik itu inovasi dibidang teknologi dan seni. Ada banyak inovasi yang dapat dilakukan oleh para generasi muda di Riau saat ini. Salah satunya adalah meggabungkan teknologi digitalisasi dengan dunia budaya.

3 cara nyata untuk inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya

Peran Pendidikan

Cara pertama adalah melalui sektor pendidikan. Dimanapun dan kapanpun, pendidikan merupakan hal yang paling pertama dan utama untuk di prioritaskan. Pendidikan sangat identik dengan belajar. Dengan belajar kita akan mengetahui sesuatu yang baru. Jikalau tidak ada pendidikan dan tidak ada kemauan untuk belajar maka kita tidak akan bisa mengetahui hal baru atau bahkan tidak bisa melakukan apapun.

 Lalu apa kaitan dan peran pendidikan  terhadap Inovasi teknologi dan Seni menuju Riau Berbudaya ?

Jadi, kita tahu bahwa teknologi saat ini sedang berkembang sangat pesat. Kemudian di lain sisi, budaya merupakan identitas sebuah daerah. Budaya juga merupakan harta warisan yang sangat berharga bagi bangsa dan Negara. Budaya menjadi kekayaan yang tak tergantikan oleh materi. Budaya memiliki nilai sejarah yang amat berharga.
Kita lihat kenyataan pemuda pemudi saat ini, tidak banyak generasi yang melestarikan budayanya. Bahkan ada yang tidak mengetahui budaya daerahnya sendiri. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah lebih cenderung menjadi generasi korban teknologi.

Yang saya maksud dengan generasi korban teknologi adalah mereka yang lebih sibuk terhadap gadget, PC, Sosial Media atau alat teknologi lainnya ke arah yang tidak memberikan dampak positif dan atau cenderung lebih banyak dampak negatif nya. Padahal alangkah lebih baiknya jika mereka mengembangkan sesuatu dari perkembangan teknologi saat ini.

Jadi peran dunia pendidikan di sini adalah untuk menyadarkan para generasi muda untuk tidak menjadi korban dari perkembangan teknologi.
Poin pertamanya adalah kita harus sadar bahwa kita adalah manusia. Teknologi ditemukan dan diciptakan oleh manusia. Jadi seharusnya manusia lah yang mengendalikan teknologi bukan sebaliknya teknologi yang mengendalikan manusia. Ingat ini . .

Riau Go IT

Telah dibahas di atas bahwa Teknologi semakin berkembang pesat. Pesat perkembangannya merayap ke banyak sektor, Baik pendidikan, pemerintahan, Bisnis, Budaya, dan lain-lain.

Cara Ke- Dua adalah dengan manjdikan sebuah daerah untuk mendukung dan mencanangkan GO IT. Riau adalah salah satu daerah terkaya di Indonesia. Riau juga memiliki banyak harta berupa budaya.Riau adalah Rumah budaya melayu. Beberapa waktu lalu pemerintah Provinsi Riau meluncurkan Go-IT. Ini merupakan langkah nyata bagi Riau untuk menuju Inovasi teknologi dan seni di Riau.

Dengan adanya Riau GO-IT maka membuktikan bahwa pemerintah Riau mendukung pemanfaatan teknologi informasi untuk Riau lebih baik dengan menggunakan inovasi teknologi ke segala sektor, Baik pemerintahan, pendidikan, seni, budaya, dan bisnis.
Poin ke – Dua adalah bahwa dengan adanya Riau Go IT, secara tidak langsung para genarasi yang bergelut di bidang IT khususnya akan akan berupaya membuat inovasi – inovasi terbaru untuk Riau yang semakin maju.  

Start Up

Apa itu start up ? Pernah dengar Bukalapak, Tokopedia, Gojek ? ketiga brand ini adalah beberapa start up yang ada di Indonesia.


I Grow merupakan Salah satu Start Up yang mebuat saya terkagum – kagum. Bagaiaman tidak,  platform ini menghubungkan petani, investor dan lahan yang belum di optimalkan dengan baik sehingga dapat menciptakan produk dengan hasil yang berkualitas.

Lalu apa timbal baliknya untuk inovasi teknologi dan seni menuju Riau berbudaya ?

Poin ke tiga : Bahwa faktanya masalah – masalah yang ada di dunia nyata dapat terselesaikan dengan memanfaatkan teknologi secara positif. 

Dengan mencontoh Star up sejenis I Grow , muncul Sebuah ide yaitu bagaiamana kita bisa membuat sebuah platform yang menghubungkan budaya yang ada di Riau khususnya kepada pihak – pihak yang terkait untuk mendukung pelestarian budaya Riau dengan inovasi teknologi agar remaja - remaja generasi penerus Riau mampu melestarikan budayanya. Hal ini sejalan dengan tema Inovasi Teknologi menuju Riau Berbudaya.

Terakhir, Semoga tulisan ini bermanfaat, 
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, 


Mutiara Buat mahasiswa Bulan ini “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

0 Response to "3 Cara Nyata untuk Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya"

Post a Comment