Mari Belajar, Jangan pernah berhenti!

18 Cabang dan Bidang Ilmu Psikologi yang Paling Umum

Cabang Ilmu Psikologi – Sudah sempat di bahas sebelumnya pada postingan dengan judul Apa itu psikologi dan bagaimana prospek serta peluang kerjanya bahwa psikologi adalah bidang kajian ilmu yang erat kaitannya dengan jiwa, mental serta kepribadian manusia. Kemudian postingan ini akan membahas apa saja cabang atau bidang kajian ilmu psikologi secara umum.

Sama halnya dengan jurusan – jurusan lainnya bahwa jurusan psikologi masih memiliki konsentrasi tersendiri dalam setiap bidangnya. Adapun cabang – cabang ilmu psikologi tersebut adalah sebagai berikut :


PSIKOLOGI KLINIS

Bidang psikologi klinis merupakan cabang ilmu psikologi yang fokus kepada pemahaman serta solusi terkait masalah psikologis dan peningkatan kemampuan penyesuaian diri dan kapasitas pribadi seseorang.

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Bidang psikologi perkembangan merupakan cabang ilmu psikologi yang berfokus pada pemahaman erkembangan manusia dari lahir sampai meninggal dunia.


PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Bidang psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang fokus utamanya untuk pengembangan ilmu psikologi dan menerapkannya dalam ruang lingkup pendidikan berbasis riset.

PSIKOLOGI SOSIAL

Bidang psikologi sosial merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari pola tingkah laku manusia dalam kehidupan sosialnya dengan lingkungan.

PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

Sesuai namanya cabang ilmu psikologi ini mempelajari bagaimana kepribadian. Hal – hal yang dipelajari dalam psikologi kepribadian adalah astrologi, chirologi, phisiogonomi, grafologi, onychologi, dan phnorology.

PSIKOLOGI TIPOLOGI

Jenis psikologi tipologi erat kaitannya dengan psikologi kepribadian. Cabang llmu psikologi tipologi lebih berfokus pada penjelasan kepribadian manusia berdasarkan tipe tertentu saja atau tipologi tertentu saja.


PSIKOLOGI PSIKOPATOLOGI

Cabang ilmu psikologi ini lebih berfokus pada ilmu yang mempelajari tentang berbagai gangguan mental serta gejala abnormal lainnya.

PSIKOLOGI PERUSAHAAN

Psikologi perusahaan merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari ilmu psikologi yang akan di terapkan di perusahaan dan atau tempat bekerja.

PSIKOLOGI INDUSTRI

Cabang ilmu psikologi Industri yaitu cabang ilmu psikologi yang mempelajari berbagai pola tingkah laku manusia dalam lingkungan atau bidang industri.

PSIKOLOGI ORGANISASI

Psikologi organisasi merupakan ilmu psikologi yang mempelajari pola tingkah laku di dalam sebuah wadah yang berisi sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama (Organisasi) serta hubungan individu – individu atau anggota didalam organisasinya.

PSIKOLOGI KRIMINAL

Yaitu cabang ilmu psikologi yang fokus utamanya adalah untuk mempelajari masalah – masalah yang erat kaitannya dengan dunia kejahatan.


PSIKOLOGI KOMUNIKASI DAN MEDIA

Cabang ilmu psikologi komunikasi dan media merupakan cabang ilmu psikologi yang fokus utamanya mempelajari tentang proses penyampaian atau pengiriman energi dari alat indra menuju ke otak, proses menerima kemudian mengolah informasi dan seperti apa pengaruhnya kedalam diri individu.

PSIKOLOGI ABNORMAL

Cabang ilmu psikologi abnormal ialah salah satu cabang ilmu psikologi yang fokus utamanya adalah mempelajari bagaimana pemahaman mengenai konsep abnormalitas pskologi.Cabang ilmu psikologi abnormal didalamnya juga mempelajari menganai kategori – kategori gangguan mental mental dan penyusunan diagnosa klinis.

PSIKOLOGI GLOBAL

Psikologi global ialah salah satu cabang ilmu psikologi yang mana fokus utamanya adalah untuk mempelajari perspektif manusia, pikuran serta prilaku secara global bersumber dari penelitian interogatif dan perspektif manusia secara global.

PSIKOLOGI KELUARGA

Cabang ilmu psikologi keluarga merupakan cabang ilmu psikologi yang fokusnya untuk di aplikasikan kedalam kehidupan keluarga. Psikologi keluarga pemahaman akan interaksi pola kehidupan sosial yang terjadi didalam keluarga.

PSIKOLOGI KONSELING

Cabang ilmu psikologi ini merupakan cabang ilmu psikologi yang fokus utamanya ialah bagaimana proses untuk membantu individu untuk mengatasi hambatan – hambatan perkembangan diri dalam rangka mencapai kemampuan secara optimal.

PSIKOLOGI KLINIS DAN KESEHATAN

Cabang ilmu psikologi klinis dan kesehatan disebut sebut sebagai salah satu cabang ilmu psikologi terapan. Dalam cabang psikologi klinis bahwa penelitiannya digunakan untuk menghilangkan stress atau masalah kejiwaan individu. Sedang kesehatan lebih yang lebih terfokus umum yaitu mengenai kesehatan individu.

PSIKOLOGI FORENSIK

Cabang ilmu psikologi yang satu ini berfokus pada kegiatan penyelidikan kematian atau peristiwa – peristiwa kriminal lainnya. Pada dasarnya psikologi forensik mirip dengan psikologi kriminal.

Sebenarnya masih ada cabang – cabagn ilmu psikologi selain daftar yang ada diatas. Akan tetapi yang paling umum adalah yang ada pada daftar diatas. Yang mesti dipahami adalah setiap cabang ilmu psikologi, akan selalu ada keterkaitan diantaranya yang saling menghubungkan satu sama lain. Yang jelas ilmu psikologi sangatlah luas, seperti pada jurusan teknik informatika ada mata kuliah yang di kenal dengan nama Interaksi manusia dan komputer. Secara tidak langsung mata kuliah ini sebenarnya mempelajari bagaimana pengalaman pengguna terhadap aplikasi atau sistem yang ada. Ini hanyalah salah satu contoh dari bidang lain yang juga secara tidak langsung menerapkan ilmu psikologi.


Terakhir, semoga tulisan singkat mengenai cabang – cabang ilmu psikologi ini dapat bermanfaat, Salam sukses..
0 Komentar untuk "18 Cabang dan Bidang Ilmu Psikologi yang Paling Umum"

Back To Top