Mari Belajar, Jangan pernah berhenti!

Apa itu Jurusan Psikologi dan Bagaimana Prospek serta peluang Kerja Jurusan Psikologi

Apa itu jurusan psikologi dan bagaimana prospek atau peluang kerja jurusan psikologi mendatang – Prospek kerja jurusan psikologi menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak memutuskan mengambil atau memilih jurusan psikologi sebagai cabang ilmu yang akan di dalami ketika di perguruan tinggi nantinya. Sebelum mengetahui bagaimana prospek kerja jurusan psikologi, sebagaiknya kita bahas dahulu apa itu jurusan psikologi itu sebenarnya.


Apa itu Jurusan Psikologi ?

 Secara bahasa Jurusan Psikolgi berasal dari 2 kata bahasa Yunani Kuno yang berarti Ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
Psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari prilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah – pengertian ini menurut  "American Psychological Association"

Jadi bisa di simpulkan bahwa Jurusan Psikologi merupakan Cabang ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan jiwa, mental dan kepribadian manusia.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Psikologi mendatang ?


Bisa dibkatakan prospek kerja jurusan psikologi akan sangat luas. Belakangan jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia, sebab kebutuhan ahli kejiwaan dan ahli tentang kepribadian manusia yang sangat di butuhkan untuk membantu pemecahan permasalahan masyarakat yg terjadi.

Baca juga :

Adapun beberapa prospek kerja untuk jurusan psikologi yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber adalah sebagai berikut :

Guru Bimbingan Konseling

Lulusan jurusan psikologi juga dapat menjadi guru BK atau Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Tingkat Atas dan setingkatnya. Biasanya untuk memberi konseling kepada anak – anak yang bermasalah di sekolah. Akan tetapi prospek ini sedikit tipis karena saat ini Bimbingan Konseling sendiri juga sudah memiliki jurusan tersendiri di beberapa perguruan tinggi yaitu jurusan Bimbingan Konseling.

Dosen Psikologi

Lulusan jurusan psikologi juga dapat menjadi dosen yaitu dosen psikologi, terlebih ketika menguasai bidang psikologi secara lebih, kamu akan memiliki peluang besar menjadi Dosen Psikologi. Terutama di kampus – kampus swasta. Akan lebih baik jika kamu menyelesaikan S2 jurusan psikologi jika ingin menjadi dosen psikologi.

Psikoterapis

Seorang psikoterapis dapat di sebut sebagai dokter kejiwaan, Akan tetapi pasiennya bukan sebatas orang yang sedang sakit jiwa melainkan masyarakat yang sedang membutuhkan terapi dalam menghadapi masalah sosial dan permasalahan-permasalahan tertentu.

Konsultan Karir

Seorang lulusan jurusan psikologi juga dapat menjadi Konsultan Karir. Konsultan karir menjadi alternatif bagi lulusam jurusan psikologi. Konsultan karir akan membantu klien nya untuk memilih dan merencanakan karir klien kedepannya. Selain konsultan karir sebenarnya lulusan psikologi bisa menjadi konsultan lainnya.

Market Researcher

Profesi market researcher merupakan peneliti pasar  yang pada umumnya di pekerjakan oleh perusahaan dan atau lembaga Independen. Tugas dari menganalisa, mengumpulkan data dan menganalisa kondi pasar prilaku dan konsumennya.

Peneliti

Nah, profesi yang satu ini bisa anda jadikan sebagai profesi anda jika anda memiliki keinginan kuat untuk menjadi peneliti atau tukang riset. Seorang peneliti bisa saja S1 atau S2. Anda bisa saja mendaftar di lembaga penelitia seperti LIPI dan lain sebagainya.

Psikolog

Profesi yang paling banyak dilakukan oleh lulusan jurusan psikologi adalah Psikolog.umumnya karir menjadi psikolog terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan bidang keilmuannya. Misal Psikolog Forensik, Psikolog Olahraga, dll. Tugasnya adalah mengevaluasi, menganalisa prilaku serta mental manusia. Antara psikolog lulusan S1 dengan lulusan S2 memiliki hak yang berbeda. Psikolog lulusan S2 lebih di anjurkan sebab ilmu ilmu psikolognya lebih matang.

HRD (Human Resources Development)

HRD ialah peluang pekerjaan yang paling banyak untuk lulusan psikologi. Hampir semua perusahaan yang membuka kesempatan berkarir di perusahaannya untuk bagian HRD harus memiliki kualifikasi lulusan psikologi. Mengapa demikian ? tidak lain karena bagian HRD erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Bagian HRD ini memiliki bagian bagian lainnya yaitu HR Operation, CB (Convensation of Benefit), Recruitment, Organization Development (OD), Training and Development (TD).

UX Analyst

UX Analyst adalah karir yang umumnya berada di perusahaan internet yang memiliki produk dalam bentuk software atau perangkat linak. Tugas dari UX Analisyt adalah menganalisa perilaku konsumen ketika menggunakan produk atau layanan kemudian selanjutnya menggunakan hasil analisa tersebut untuk perbaikan produk atau layanan perusahaan tersebut menjadi lebih baik.

Konselor

Konselor juga merupakan salah satu karir seorang lulusan jurusan psikologi. Konselor bertugas untuk memberikan konseling atau bimbingan.Apabila konselor nya di perusahaan, maka konseling akan di berikan untuk karyawan yang membutuhkan di peusahaan tersebut. Selain di perusahaan, seorang konselor juga di butuhkan di LSM, yang menangani gender, anak maupun remaja.Biasanya seorang konselor akan melakukan konseling kepada orang yang membutuhkan berupa masukan serta pendapat tertentu untuk hidupnya baik itu masalah pribadi, pekerjaan, hubungan dan lain-lain.

Dari serangkaian penjelasan diatas adalah yang di maksud dengan jurusan psikologi dan juga prospek serta peluang kerjanya. Jadi bagi rekan – rekan yang ingin melanjutkan studi di jurusan Psikologi, semoga info ini bermanfaat.
Salam sukses,


0 Komentar untuk "Apa itu Jurusan Psikologi dan Bagaimana Prospek serta peluang Kerja Jurusan Psikologi"

Back To Top