Masih Ragu Dengan Koperasi? Cek Yuk, Apa Saja Manfaat Jadi Anggota Koperasi!

Di zaman yang serba canggih seperti ini, ternyata masih banyak orang yang meremehkan koperasi. Sebagian besar orang beranggapan koperasi bukanlah lembaga keuangan yang terpercaya seperti halnya bank. Padahal, koperasi merupakan lembaga keuangan yang sangat kredibel dan malah bisa memberikan banyak keuntungan untuk anggotanya. Tidak percaya? Yuk, simak apa saja manfaat menjadi anggota koperasi seperti berikut ini:


Bisa meminjam uang dengan lebih mudah

Anda tentu pernah mendengar yang namanya koperasi simpan pinjam, kan? Nah, seperti namanya, koperasi ini memang memiliki fungsi utama untuk menabung dan juga meminjam uang. Kalau Anda meminjam uang di koperasi, persyaratannya jauh lebih mudah dibanding jika meminjam di bank. Asalkan Anda menjadi anggota koperasi, maka Anda bisa meminjam uang dengan mudah tanpa perlu melewati proses survey seperti halnya yang ada di bank. Besarnya pinjaman umumnya memang lebih kecil dibanding yang bisa didapatkan jika meminjam di bank. Namun keuntungannya, Anda tidak perlu membayarkan bunga pada saat meminjam uang  melalui koperasi.

Tidak ada biaya administrasi

Apabila Anda mengambil uang simpanan atau meminjam uang di koperasi, sama sekali tak ada biaya administrasi yang dibebankan. Hal ini tentu sangat memudahkan dan menguntungkan Anda karena jika Anda meminjam dana untuk modal usaha misalnya, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar biaya administrasinya. Biaya administrasi ini memang tidak terlalu besar, tapi kalau setiap melakukan transaksi harus membayar biaya, tentu lumayan merepotkan. Koperasi bisa menghilangkan biaya administrasi ini karena semua proses operasional dilakukan oleh anggota dan untuk anggota sehingga tidak mencari keuntungan.

Memperoleh uang dari bagi hasil

Kalau Anda menabung di bank atau sering melakukan transaksi lewat bank, tidak akan ada uang bagi hasil yang diperoleh. Memang akan ada bunga yang didapatkan jika Anda menabung, tapi bunga tersebut langsung dimasukkan ke dalam rekening. Sedangkan jika Anda menabung melalui koperasi, Anda akan mendapatkan uang bagi hasil setiap akhir tahun yang biasa disebut dengan SHU atau sisa hasil usaha. Besarnya SHU ini bervariasi, akan semakin besar jika simpanan Anda juga besar. Jadi sambil menabung, di sisi lain Anda juga bisa memperoleh tambahan uang setiap akhir tahun. Menyenangkan, bukan?

Mendapat pengetahuan baru tentang koperasi

Apabila Anda menjadi anggota koperasi, maka akan memperoleh lebih banyak pengetahuan mengenai perkoperasian. Hal ini dikarenakan di koperasi biasanya akan ada pelatihan gratis yang bisa diikuti seluruh anggota. Tidak hanya tentang koperasi saja, tapi ada juga pelatihan mengenai usaha mandiri dan juga tips untuk berwirausaha. Anda yang memiliki modal kecil juga bisa belajar dari pelatihan di koperasi bagaimana cara mengembangkan bisnis dengan modal kecil. Hal ini tentu sangat menguntungkan ya, sebab mengikuti pelatihan pada umumnya akan dikenakan biaya yang tidak sedikit.

Berpeluang memperoleh penghasilan tambahan

Koperasi biasanya juga menjual berbagai produk untuk menambah kas. Nah, umumnya anggota diperbolehkan untuk menjual produknya di koperasi dengan harga yang layak karena koperasi hanya mengambil keuntungan sedikit saja. Anda tentu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperoleh penghasilan tambahan.
Nah, dengan banyaknya manfaat dari menjadi anggota koperasi, apakah Anda masih ragu? Yuk, segera cari koperasi simpan pinjam yang memberikan banyak keuntungan dan makin menyejahterakan kehidupan ekonomi Anda.



0 Komentar untuk "Masih Ragu Dengan Koperasi? Cek Yuk, Apa Saja Manfaat Jadi Anggota Koperasi!"

Back To Top