Info Kampus

Informasi seputar akreditasi, biaya dan daftar jurusan pada universitas atau institusi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta indonesia terlengkap

Rekrut Pegawai di Masa Krisis? Bukan Masalah! Atasi Dengan 3 Tips Ini


Pemanfaat cost merupakan salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan dalam menghadapi krisis ekonomi. Dampak buruk dari krisis ekonomi tidak hanya dirasakan oleh negara Indonesia namun juga negara besar dengan perusahaan kecil hingga besar. Salah satu biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan adalah adanya HR yang akan berusaha melakukan setting dalam bidang sumber daya manusia.
Dampak buruk dari krisis ekonomi terhadap sistem HR terkadang adanya keputusan yang dianggap sebagai solusi, namun sebenarnya merupakan sumber masalah baru yang akan menjadi ancama bagi perusahaan. Salah satu keputusan yang buruk adalah untuk melakukan PHK beberapa golongan karyawan ataupun melakukan pengurangan gaji karyawan. Simak beberapa tips berikut ini untuk merekrut karyawan atau pegawai di masa krisis:

1. Retensi karyawan dan sistem reward

Dalam usaha untuk mempertahankan perusahaan agar tetap mampu berperang dengan angin krisis ekonomi maka perusahaan perlu melakukan usaha untuk mempertahankan para karyawannya pula. Pemotongan gaji atau PHK besar besaran bukan merupakan solusi, tetapi adanya reward kepada setiap karyawan yang produktif sesuai kemampuannya dan mencapai target adalah salah satu solusi yang dapat diambil.
Dengan begitu perusahaan akan memiliki untung yang lebih besar, serta karyawan dapat memperoleh apresiasi yang dapat menjadi motivasi kerja serta lebih loyalitas kepada perusahaan. Selain itu, perusahaan juga dapat bertahan melewati masa krisisnya.

2. Dapatkan alat yang tepat seperti Software HRD Indonesia


Sebagai alat pendukung pengambilan keputusan yang tepat, perusahaan membutuhkan dukungan seperti Software HRD Indonesia atau aplikasi HR yang memiliki fitur dan fungsi sesuai kebutuhan.
Alat ini akan memberikan pertimbangan untuk mengambil langkah demi bertahannya perusahaan. Karena dalam masa krisis akan sangat berbahaya jika keputusan yang diambil ditujukan untuk langkah perbaikan justru menghancurkan perusahaan.

3. Efisien biaya


Perkiraan dana yang harus dipikirkan adalah berhubungan dengan adanya sistem reward, di mana hal tersebut berkaitan dengan gaji karyawan. Top level management juga perlu mempertimbangkan segala kebutuhan mendesak yang diperlukan pada masa krisis ekonomi dan saat sudah melewati masa krisis, terutama tentang finansial perusahaan yang perannya sangat vital.
Revitalisasi dari masa krisis ekonomi ke masa pascakrisis ekonomi harus benar benar dipertimbangkan. Jika sistem reward diberikan kepada karyawan, maka staff HR harus memiliki tools yang dapat membantu untuk mengontrol masing masing individu dalam kinerjanya serta dapat membantu untuk mengambil langkah demi langkah agar perusahaan dapat bertahan.
Dalam hal pemberian gaji pada karyawan, perusahaan dapat mengambil langkah untuk memilih payroll service solution Indonesia terbaik seperti  LinovHR. Karena hanya dengan sekali klik, maka semua data yang berhubungan dengan gaji karyawan akan muncul berdasarkan kebutuhan dan parameter yang dapat disesuaikan kebutuhan perusahaan.
Jadi, dengan payroll service solution Indonesia dari LinovHR, tim HR tidak perlu lagi menghitung – hitung gaji karyawan yang cukup rumit dan memakan waktu. Beralihlah sekarang juga ke Software HRD Indonesia terbaik dari LinovHR. Tertarik untuk mencoba?  Dapatkan akun trial gratis dengan menghubungi tim sales LinovHR.

Loading...
Back To Top -->