Info Kampus

Informasi seputar akreditasi, biaya dan daftar jurusan pada universitas atau institusi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta indonesia terlengkap

Ketahui Cara Benar Merawat Luka


Banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda atau orang-orang di sekitar Anda mengalami luka. Mulai dari kurangnya fokus diri sendiri, hingga yang diakibatkan oleh kekurang hati-hatian orang lain. Anda mungkin telah berusaha waspada untuk menghindari kecelakaan-kecelakaan kecil menimpa Anda. Namun terkadang, hal-hal tak terduga tetap bisa saja terjadi.

Bukan hanya saat Anda sedang terburu-buru. Saat sedang santai dalam beraktivitas pun Anda tetap bisa mengalami celaka. Seperti saat berjalan kaki santai misalnya, adanya sampah plastik di jalanan yang secara tak sengaja terinjak, pun bisa menyebabkan Anda terpeleset seketika. Untung-untung jika Anda bisa tetap menyeimbangkan posisi tubuh agar tidak terjatuh. Ketika kurang fokus, sampah plastik tersebut bisa menyebabkan Anda terpeleset hingga jatuh tersungkur ke bahu jalan, dan menyebabkan lutut, tangan, atau bagian tubuh lainnya menjadi lecet akibat tergores permukaan kasar aspal jalanan.

Gesekan kulit terhadap aspal jalanan ditambah tekanan beban dari tubuh Anda, akan menentukan seberapa parah luka yang diderita. Itulah mengapa Anda disarankan untuk menjaga agar berat badan Anda tetap seimbang supaya salah satunya untuk menghindari resiko memperparah luka atau cedera saat terjadi kecelakaan. Karena semakin berat tekanan dari tubuh saat menghantam aspal, maka resiko cedera yang dialami bisa semakin parah. Apakah cedera tersebut berupa luka sayat, lecet, lebam, atau yang paling parah terkilirnya tulang hingga mengganggu fungsi normal bagian tubuh yang mengalami cedera tersebut.

Apabila luka yang timbul hanya sebatas luka sayat ataupun lecet, Anda bisa sedikit bernafas lega mengingat penanganannya yang terbilang cukup sederhana. Meski demikian, jangan serta merta menyepelekannya. Anda tetap diharuskan menangani luka sesegera mungkin, dan tetap merawat luka lecet dan sayat tersebut hingga benar-benar sembuh.

Oleh karena penanganan pertama pada luka turut menentukan masa penyembuhan luka yang dialami, maka penting bagi Anda untuk mengetahui tindakan-tindakan seperti apa yang jangan sampai diabaikan saat pertama kali mendapati bagian tubuh terluka. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut secara lengkap di sini https://www.id.hansaplast.co.id/tentang-hansaplast/local/id/pentingnya-pengetahuan-p3k

Back To Top -->