Luka Baiknya Diperban Atau Dibiarkan Terbuka? Ini Dia Jawabannya!


Bukan luka hati saja yang sering dialami oleh kebanyakan orang, tetapi luka tangan, kaki, wajah dan anggota tubuh lainnya juga bisa. Ada banyak sekali jenis luka, bisa saja luka karena teriris, luka karena terbakar ataupun yang lainnya. Nah, masing-masing tentu saja memerlukan cara pengobatan atau perawatan yang berbeda. Untuk jenis luka bakar tentunya akan lebih khusus, tidak bisa secara sembarangan begitu saja. Karena ditakutkan untuk perawatan yang tidak baik akan memberikan efek buruk pada luka Anda.

Baik luka kecil ataupun besar tetapi tidak ditangani dengan baik tentu saja tidak akan sembuh secara sempurna. Misalnya saja luka bakar, Anda perlu mengetahui apa saja yang harus dan dilarang untuk dilakukan seperti:
  1. Jangan menggunakan obat yang membuat luka bakar Anda semakin iritasi, misalnya saja penggunaan obat luka tidak lengket di kasa yang ternyata tidak baik. Untuk itu perlu perhatikan sebelum menggunakan.
  2. Jangan menggunakan pasta gigi yang kata orang dapat membantu mengatasi luka bakar, untuk tingkatan tertentu memang bisa digunakan tetapi tidak untuk tingkatan yang berat dan sebagainya.
  3. Jika memang diperlukan untuk ditutup bisa menggunakan bahan yang tidak lengket karena jika lengket pada kulit akan semakin membuat iritasi pada luka.
  4. Jangan hanya memperhatikan pertolongan pertama pada luka saja, tetapi Anda perlu juga untuk mengetahui cara merawat luka dari awal sampai dengan akhir luka tersebut kering.
  5. Jangan gunakan obat ataupun yang lainnya dari bahan kimia tapa sepengetahuan dokter yang lebih ahli.

Banyak sekali hal yang perlu untuk diketahui dari perawatan terbaik untuk luka Anda, mulai dari luka kecil ataupun besar semuanya perlu diperhatikan dengan baik. Pada dasarnya perawatan luka itu hanya melihat dari besar atau kecilnya luka, jika memang dirasa cukup parah dan tidak bisa hanya dilakukan pertolongan pertama. Lebih baik langsung konsultasikan kepada dokter yang lebih paham cara penanganan dan pengobatan yang terbaiknya. Sekian, semoga dapat bermanfaat baik Anda semuanya.
Back To Top -->