4 Kondisi Penyebab Stres Pada Mahasiswa

Sebagaimana kita ketahui bahwa Stres terjadi karena berbagai kondisi. Stres merupakan kondisi yang muncul ketika seseorang sedang menghadapi tekanan. Beda profesi beda pula penyebab stresnya. Beda kesibukan beda pula tekanan yang dihadapi dalam hidupnya. Begitu juga dengan mahasiswa. Tidak jarang seorang mahasiswa mengalami keadaan tertekan sehingga secara tidak langsung membuat dirinya mengalami kondisi stres. Dari stres yang ringan sampai ke tingkat yang paling berat. 

Foto by: Pixabay

Berikut ini beberapa penyebab mengapa stress terjadi pada Mahasiswa

Tidak Mampu Menentukan Prioritas

Kondisi pertama yang menyebabkan seorang mengalami stres menurut kampusdunia adalah karena mahasiswa belum mampu mengatur prioritas dengan matang. Seorang mahasiswa secara umum dikenal dengan sosok yang cukup sibuk dengan berbagai aktivitas. Baik aktivitas kampus seperti tugas kuliah yang tidak ada habisnya,  maupun aktivitas di luar kampus seperti organisasi. Keadaan ini membuat mahasiswa yang belum terbiasa dengan kesibukan akan mengalami tekanan. Tekanan bersumber dari kebingungan. Kebingungan ini membuat seorang mahasiswa tidak menyelesaikan aktivitasnya secara maksimal.

Jika anda adalah seorang mahasiswa yang belum terbiasa mengatur prioritas mana aktivitas yang harus di dahulukan, mana yang harus di utamakan dan anda mengalami tekanan, kemungkinan besarnya anda sedang mengalami stres yang disebabkan kebingungan.

Memanajemen Waktu tidak Maksimal

Seorang mahasiwa seringkali dihadapkan dengan kondisi jadwal yang berantakan. Untuk menyesuaikan diri dengan segala kesibukan, seorang mahasiswa akan belajar mengatur waktunya dengan segala kemampuannya. Akan tetapi tetap saja ada kesibukan yang tetap berbenturan dan membuat tertekan. Kesalahan yang paling sering terjadi pada seseorang selain tidak mengatur waktunya adalah sikap menunda pekerjaan. Mahasiswa adalah sosok yang punya kesibukan sendiri seperti tugas. Oleh karena itu sebaiknya jangan menunda waktu untuk mengerjakan tugas anda. Jika anda menunda pekerjaan hari ini berarti anda menambah kesibukan di hari esok. Dan pertanyaannya kesibukan hari esok harus diselesaikan kapan ?.. Akhirnya salah satu harus di korbankan. Jikapun tidak, pekerjaan selesai tidak maksimal.

Keadaan Keuangan yang Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Untuk biaya kuliah saat ini tentu tidak bisa dikatakan murah, Terlebih jika kuliah di tempat perantauan. Biaya hidup juga harus di perhitungkan. Belum lagi jika mahasiswa tersebut kuliah dengan biaya sendiri, bekerja paruh waktu dan lain-lain. Seorang mahasiswa seringkali tertekan ketika berada di keadaan keuangannya sedang tidak baik. Kondisi ini juga menyebabkan seorang mahasiswa dapat mengalami stres karena tekanan kebutuhan hidup.

Pola Hidup Tidak Sehat

Makanan yang tidak memenuhi gizi harian, tidur yang tidak cukup, bergadang, kurang istirahat sudah menjadi hal lumrah di sebagian besar hidup mahasiswa. Perlu diketahui bahwa pola hidup yang tidak sehat adalah salah satu penyebab stres stres.

Itulah empat penyebab stres yang sering dialami mahasiswa menurut kampusdunia. Jika anda mengalami salah satu dari beberapa keadaan diatas, cobalah untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit. Salam ..

Back To Top -->