Info Kampus

Informasi seputar akreditasi, biaya dan daftar jurusan pada universitas atau institusi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta indonesia terlengkap

3 Tips Menabung Khusus untuk Mahasiswa


Menabung merupakan salah satu cara untuk merencanakan keuangan bagi seseorang untuk masa depan. Hampir setiap orang sejak kecilnya diajarkan untuk pandai dan rajin menabung. Menabung memang sangat bermanfaat bagi setiap orang termasuk untuk seorang mahasiswa. Tetapi tahukah anda, banyak orang gagal dalam menabung. Mungkin anda pernah merasakannya. Kegagalan dalam menabung dan menyimpan uang untuk digunakan pada kebutuhan tak terduga atau yang direncanakan dapat terjadi karena banyak faktor. Bagi seorang mahasiswa, menabung adalah kegiatan yang harus dilakukan. Selain untuk perencanaan keuangan dimasa depan juga untuk belajar memanajemen keuangan pribadi. Bagi anda yang seorang mahasiswa atau mahasiswi yang kurang pandai menabung tidak perlu khawatir, berikut ini Tips agar sukses menabung sebagai mahasiswa.

Rencanakan Keuangan Anda

Tips pertama adalah dengan merencanakan keuangan anda. Tentu saja bagi anda yang seorang mahasiswa merencanakan keuangan sangatlah penting. Karena iu, buat rencana keuangan anda di awal-awal agar tidak kebablasan saat akhir bulan. Buat daftar rinci tentang pengeluaran anda. Jangan lupa dalam manajemen keuangan anda masukkan rencana tabungan. Atur juga pengeluaran anda, misal untuk kebutuhan sehari-hari dalam seminggi sekian yang harus dihabiskan, untuk keperluan kampus sekian harus di habiskan, untuk ini dan itu sekian harus di habiskan. Jangan hidup tanpa perencanaan. Ingatlah anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki tanggung jawab moral secara pribadi. Anda tidak mungkin terus bergantung kepada orang lain dalam hal keuangan.

Sisihkan di awal Sebagian Uang untuk menabung

Kesalahan seorang mahasiswa dalam menabung sehingga gagal menabung adalah ketika tidak menyisihkan uang dari awal-awal. Jika anda kuliah sambil bekerja sisihkan tabungan anda ketika gajian, misal 15% atau 10%. Namun jika anda yang masih dibiayai oleh orang tua maka anda harus bisa menyisihkan uang bulanan yang di kirim untuk anda dari orang tua setiap bulannya. Ingat anda tidak mungkin harus membebani orang lain secara terus menerus mengenai keuangan anda. Anda adalah mahasiswa. Anda di tuntut untuk berfikir untuk menyelesaikan masalah. Terutama masalah keuangan pribadi anda. 

Komitmen

Hal yang juga sering kali menjadi kesalahan seorang mahasiswa dalam menabung adalah kurangnya komitmen. Terkdang seorang mahasiswa telah berhasil menyisihkan uangnya diawal-awal namun karena komitmen di akhir bulan sehingga uang yang disisihkan di tarik kembali untuk dibelanjakan. Jika anda seorang mahasiswa yang ingin sukses dalam menanbung maka anda harus benar-benar berkomitmen untuk tidak menyentuh uang tabungan anda sampai benar-benar dibutuhkan dalam keadaan mendesak. Jika tidak anda akan memulai dari awal lagi dan begitu seterusnya sampai tidak ada hasil yang benar-benar tercapai.

Itulah 3 tips menabung untuk seorang mahasiswa, semoga bermanfaat dan anda sukses menabung.

0 Komentar untuk "3 Tips Menabung Khusus untuk Mahasiswa "

Back To Top -->