Home Tutorial Biaya dan Tata Cara Mengikuti Ujian Paket C Terbaru 2020

Biaya dan Tata Cara Mengikuti Ujian Paket C Terbaru 2020

by admin

Paket C merupakan program pendidikan kesetaraan untuk tingkat sekolah SLTA. Biasanya orang yang mendaftar Paket C ini lintas usia mulai dari yang baru lulus sekolah Smp sampai dengan orang yang berusia dewasa semisal 30 sampai 40 tahun dan sebagainya. Terkadang pula orang yang mendaftar paket C ini mempunyai tujuan untuk mendapat ijazah kesetaraan Slta agar bisa melamar kerja.

Dan untuk mendapatkan ijazah kesetaraan paket C tersebut, seseorang terlebih dahulu akan mengikuti ujian Paket C. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai cara mengikuti ujian paket c. Berikut ini adalah cara yang harus kamu lakukan untuk dapat mengikuti ujian paket C secara lengkap.

Sekilas Tentang Paket C

Sebelum membahas mengenai cara mengikuti ujian paket c, terlebih dahulu harus kamu ketahui sekilas mengenai paket c. Secara sederhana Paket C merupakan program pendidikan non formal yang diperuntukan bagi orang yang ingin mendapat ijazah setara Sma tanpa harus belajar di sekolah formal pada umumnya.

Paket C biasanya diselenggarakan oleh lembaga dibawah naungan pemerintah atau sering dikenal dengan PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat). Hadirnya PKMB di tunjukan untuk siapa saja yang ingin mendapatkan ijazah Sma namun terkendala akan keterbatasan biaya. Namun seiring berjalannya waktu, PKBM juga di tunjukan bagi semua orang yang ingin mendapatkan ijazah SMA walau sudah berusia tidak produktif untuk sekolah.

Kelompok Belajar seperti PKBM sendiri tidak hanya khusus untuk paket C. Ada beberapa paket pendidikan lain yang dihadirkan oleh pusat kegiatan belajar masyarakat atau PKMB ini. Ada paket A yang setara dengan jenjang sekolah dasar, paket B yang setara dengan jenjang sekolah menengah pertama serta jenjang paket C untuk setera Slta.

Karena dengan hadirnya paket C memudahkan mereka untuk belajar dan mendapatkan ijazah dengan waktu yang relatif lebih cepat dibanding dengan sekolah formal pada umumnya. Dan terkait dengan sistem yang digunakan pada program paket C, untuk satu minggu hanya berlangsung selama tiga hari saja. Dan itu bisa dilakukan dari rumah atau homescholing.

Ada dua model pembelajaran yang digunakan pada paket C. Paket C usia dewasa, yang dimaksud usia dewasa adalah orang yang sudah tidak produktif secara usia untuk bersekolah di lembaga sekolah formal. Orang yang mengikuti paket C yang satu ini hanya belajar selama empat semester atau 2 tahun saja.

Syarat Mengikuti Ujian Paket CSedangkan model pembelajaran lain adalah untuk orang dengan usia muda atau produktif jika bersekolah formal. Mereka yang mengikuti program paket c model ini belajar selama 3 tahun atau 6 semester. Sama seperti siswa di sekolah SLTA pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah jam sekolah mereka biasanya menyesuaikan dengan orang tersebut. Dan selama satu minggu hanya berangkat 3 hari saja untuk mengikuti pembelajaran di PKBM tersebut.

Syarat Mengikuti Ujian Paket C

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebagai cara mengikuti ujian paket c mengikuti ujian paket c. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail beberapa syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mendaftar dan mengikuti ujian di program Paket C. Simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Mencari PKBM

PKBM atau pusat kegiatan belajar masyarakat merupakan lembaga yang berperan menyelenggarakan program kejar paket C. Lembaga yang satu ini berada di bawah naungan dari kementerian kebudayaan dan pendidikan. Untuk saat ini hampir di semua wilayah Indonesia memiliki lembaga PKBM tersendiri. Kamu bisa cari lembaga PKBM yang berada paling dekat dari domisili kamu tinggal.

Lembaga PKBM tersebut umumnya dimiliki oleh swasta. Jika dirasa kamu cukup kesulitan menemukan lembaga PKBM entah karena tidak banyak orang yang tahu atau lokasinya terpencil, kamu bisa cari di internet. Ada teknologi sudah semestinya kamu gunakan dengan baik dan benar. Kamu bisa browsing di internet lokasi PKBM yang paling dekat dari tempat tinggal mu.

2. Menyiapkan dokumen

Tahapan selanjutnya setelah kamu menemukan lokasi dan tempat dari PKBM yang ingin kamu ikuti ujian paket c, kamu siapkan semua dokumen yang di perlukan untuk mendaftar dan mengikuti ujian paket c tersebut. Memang untuk setiap lembaga PKBM di satu daerah dengan yang lain tidak selalu sama persis untuk dokumen yang di perlukan dalam pendaftarannya.

Namun secara umum dokumen yang harus kamu persiapkan sebenarnya tidak jauh berbeda. Beberapa dokumen tersebut antara lain adalah fotocopy ijazah Smp yang sudah di legalisir, pas foto dengan ukuran 3×4 dan menggunakan kemeja putih  panjang serta kamu mengisi formulir pendaftaran dari PKBM yang bersangkutan. Untuk formulir ini bisa kamu dapatkan dengan download pada situs web dari PKBM yang bersangkutan atau bisa langsung mendatangi PKBM dan mengisi formulirnya disana.

3. Mengirim dokumen

Jika semua dokumen yang diperlukan untuk mendaftar ujian paket c tersebut sudah lengkap, maka tak usah berlama-lama lagi kamu segera kirim dokumen tersebut ke lembaga PKBM terkait. Ada dua sistem yang bisa kamu lakukan untuk mengirim dokumen tersebut. Cara pertama adalah dengan kamu mengirim dokumen secara online melalui surat elektronik atau email. Untuk dokumen seperti ijazah, kamu bisa scan agar menjadi format Jpg. Setelah itu kamu lampirkan dengan berkas formulir di email tersebut.

Atau bisa juga dengan cara kamu mengirimkan semua berkas yang di perlukan melalui kantor pos. Jika lokasi PKBM tersebut dekat, tak ada salahnya kamu langsung datang dan membawa serta semua dokumen yang di perlukan tersebut. Tentu akan lebih mudah dan semua cepat selesai.

4. Periode Pendaftaran

Hal yang sering luput diperhatikan adalah mengenai periode pendaftaran dari lembaga PKBM. Lembaga PKBM tidak setiap hari membuka pendaftaran siswa baru. Ini hal penting yang harus kamu tanamkan di benak pikiran mu. Biasanya, lembaga PKBM akan membuka pendaftaran dalam satu tahun selama dua kali atau dua periode.

Periode pertama biasanya di bulan Juni dan periode kedua di bulan oktober. Meskipun tidak semua PKBM membuka pendaftaran serentak pada bulan tersebut, namun rata-rata PKBM buka pendaftaran pada bulan Juni dan Oktober. Kamu bisa cari tahu sendiri terkait dengan periode pendaftaran yang sesuai dengan PKBM terdekat.

Biaya Program Paket C

Untuk masalah biaya, tidak semua sama. Ada paket C yang benar-benar gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk Paket C yang berbayar rincian biayanya antara lain adalah uang pendaftaran sebesar 200 ribu rupiah. Untuk program paket C Ips biaya sebesar 3 juta rupiah dan bisa di angsur selama 10 bulan. Untuk program paket C Ipa biaya sebesar 5 juta rupiah dan bisa di cicil selama 10 bulan.

Penyelenggara Paket C Alamat Biaya
Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda Jl. Sungai Tiram RT 001, RW 06 No. 39, Kel. Marunda Baru, Kec. Cilincing, Jakarta Utara Pendaftaran : Rp200.000
Paket C IPS : Rp3.000.000 (bisa diangsur 10 bulan)
Paket C IPA : Rp5.000.000 (bisa diangsur 10 bulan)
LPK Pelita Nusantara Jl. Cisaranten Depan Riung Bandung, Bandung Pendaftaran : Rp100.000
Bimbingan : Rp240.000 per bulan
PKBM Tanda Genap Jl. Tanah Merdeka X No. 3A, Ciracs, Kampung Rambutan, Jakarta Timur Pendaftaran : Rp150.000
Lembaga Pendidikan MDC (Masa Depan Cerah) Jl. Soekarno-Hatta No. 18, BandungJl. Sekelimus Barat No. 49, Bandung Pendaftaran : Rp50.000
Biaya Pendidikan : Rp290.000 per bulan (7 kali angsuran) atau Rp190.000 per bulan (12 kali angsuran)
PKBM Starisa School Yayasan Teddy Yulianto Jakarta Selatan Gratis
PKBM Rama Putra Jl. Kiaracondong 202, BandungJl. Garuda (Pajajaran) 115, Bandung

Jl. Kuningan Raya 5, Bandung

Rp250.000 x 12 kali angsuran
PKBM Pengayoman Jl. PB Sudirman 5A, Ngawi Pendaftaran : Rp100.000
Pendidikan : Rp1.500.000

Biaya sekolah Program Kejar Paket C di atas kami rangkum dari situs dan blog resmi masing-masing PKBM yang bersangkutan. Biaya sekolah Kejar Paket C tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan penyelenggara. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke PKBM terdekat di kota Anda.

Nah itulah ulasan lengkap tentang tata cara mengikuti ujian paket c terbaru, semoga dapat membantu kalian yang ingin meneruskan sekolah di jenjang SLTA atau SMA dengan mendapatkan ijasah Paket C.

You may also like

3 comments

Maulana ardan May 30, 2020 - 11:26 am

Bisa ditempuh satu tahun??

Reply
admin May 31, 2020 - 2:52 am

Untuk berapa lama kejar Paket C, mereka yang masih di usia belajar akan menempuhnya selama 6 semester atau 3 tahun sedangkan mereka yang sudah dewasa hanya akan menempuhnya selama 4 semester alias 2 tahun saja.

Reply
Don October 2, 2020 - 9:41 pm

mau tanya admin gimana dengan yang pekerjaan nya sering ke luar kota atau luar pulau ?

Reply

Leave a Comment