Home Tutorial Cara Menjadi Tenaga Pengajar Di Ruang Guru

Cara Menjadi Tenaga Pengajar Di Ruang Guru

by admin

Ruang guru merupakan sebuah aplikasi bimbel online yang sekarang menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Mereka menciptakan inovasi terbaru dengan menghadirkan bimbel sistem online dimana siswa dan siswi bisa mengakses materi pelajaran dari jenjang sekolah Sd sampai dengan Sma dan persiapan kuliah. Nantinya siswa tersebut akan belajar dengan menonton video pembelajaran yang diberikan oleh guru-guru terbaik di seluruh Indonesia.

Guru atau pengajar yang ada di ruang guru berasal dari seluruh guru di Indonesia yang telah di seleksi terlebih dahulu. Sebenarnya untuk dapat mengajar di ruang guru bagi siapa saja terbuka lebar. Pada artikel kali ini kami akan membahas Cara menjadi pengajar di ruang guru. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Sekilas Tentang Ruang Guru

Sebelum membahas bagaimana cara menjadi pengajar di ruang guru, ada baiknya terlebih dahulu kita berkenalan dengan Ruang Guru. Karena seperti kata pepatah kuno, tak kenal maka tak sayang. Tak mengenal, maka berkenalanlah. Dengan begitu kamu akan sayang. Ya meski belum tentu juga sayang menjadi jawaban akhir atas perkenalan.

Ruang Guru adalah sebuah perusahaan besar yang ada di Indonesia yang bergerak dibidang pendidikan. Hadirnya ruang guru menjadi angin segar bagi pendidikan di Indonesia. Memang Ruang Guru bukanlah pelopor sistem pembelajaran daring pertama yang ada di Indonesia. Tapi bisa dibilang sekarang ini Ruang Guru menjadi yang terbaik dan paling banyak peminatnya.

Hal ini dibuktikan dengan aplikasi Ruang Guru yang telah di unduh lebih dari 6 juta pengguna melalui platform google playstore. Tak hanya itu saja, sekarang perusahaan Ruang Guru telah memiliki lebih dari 150 ribu guru yang memiliki kemampuan kompeten untuk mengajarkan materi pelajaran lebih dari 100 bidang mata pelajaran untuk semua kurikulum pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai dengan tinggi.

Perusahaan ini pertama kali berdiri pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang mana keduanya merupakan lulusan Universitas Indonesia dan berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dalam rentan usia dibawah 30 tahun menurut majalah Fobes 30 under 30 di kawasan negara-negara Asia.

Ruang guru memiliki komitmen kuat untuk membantu pemerintahan daerah dengan menjadi mitra untuk pemerintah daerah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan bermutu tinggi melalui programnya yaitu LMS atau sistem manajemen belajar. Ruang Guru telah bekerja sama dengan 32 provinsi di Indonesia dan lebih dari 326 pemerintahan kota serta kabupaten di seluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia.

Ruang guru juga membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin berkontribusi memberikan kemampuan akademis untuk menjadi pengajar di platform bimbel online ini. Bagi kamu yang merasa memiliki kemampuan akademis dan ingin menjadi pengajar di ruang guru, kamu bisa mendaftarkan dan mengikuti seleksinya.

Cara Mendaftar Menjadi Pengajar di Ruang Guru

Cara Mendaftar Menjadi Pengajar di Ruang GuruUntuk mengetahui langkah-langkah dan cara menjadi pengajar di ruang guru silahkan simak penjelasan berikut :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs web resmi Ruang Guru yaitu https://marketing.ruangguru.com/jadi-pengajar.
  2. Pada halaman utama dari website tersebut kamu pilih kategori pengajar yang kamu inginkan dan kamu klik daftar sekarang pada bagian bawah dari kategori yang di inginkan.
  3. Setelah itu kamu mengisi semua formulir yang tertera di kolom yang disediakan.
  4. Jika sudah, langkah terakhir adalah kamu klik submit.
  5. Tahapan Seleksi Ruang Guru
  6. Isi formulir pendaftaran dan lengkapi semua identitas yang diperlukan.
  7. Calon pengajar mengirimkan cv terbaru beserta dengan dokumen pendukung.
  8. Setelah itu pihak ruang guru akan melakukan seleksi administratif data dan dokumen dari calon pengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan.
  9. Bagi calon pengajar yang lolos seleksi administratif, maka akan mengukuti tes secara online sesuai dengan bidang pelajaran yang di ajukan.
  10. Setelah itu bagi calon pengajar yang lolos tes seleksi akan di lakukan interview melalui telepon.
  11. Calon pengajar yang lolos seleksi tes online kemudian dapat menggunakan aplikasi Mircoteaching untuk melakukan praktek mengajar online dengan waktu mengajar 30 menit sampai 40 menitan dalam satu sesinya.
  12. Tahapan terakhir bagi calon pengajar yang lolos semua tahapan seleksi akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dan juga mendapat panduan mengajar di ruang guru.

Pilihan Mengajar di Ruang Guru

Pilihan Mengajar di Ruang GuruAda beberapa jenis pengajar di ruang guru yang bisa kamu pilih. Berikut ini adalah beberapa pengajar di ruang guru yang bisa kamu pilih. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Guru Privat ruangles

Jenis pengajar pertama yang bisa kamu pilih di ruang guru adalah Guru Privat ruangles. Bisa dibilang ruangles merupakan portal yang akan mempertemukan siswa dengan guru les privat. Ruangles menjadi salah satu platform pencarian guru les privat terbesar di Indonesia untuk saat ini. Ada banyak mata pelajaran yang bisa di pilih oleh seorang guru sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Untuk saat ini, ruangles telah hadir di beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Bandung, Medan, dan Surabaya.

2. Guru di digitalbootcamp

Pilihan berikutnya untuk mengajar di ruang guru adalah digitalbootcamp. digitalbootcamp merupakan sebuah platform dari ruang guru yang diperuntukan bagi siswa dan siswi untuk memantapkan persiapan ujian nasional di tingkat SD, SMP, dan SMA serta mempersiapkan untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN. Dalam digitalbootcamp, siswa dikelompokan menjadi 20 orang dalam satu grup dengan satu guru yang mengajar sesuai dengan arahan dan panduan dari ruang guru.

3. ruanglesonline

Pilihan terakhir adalah dengan menjadi tutor di ruanglesonline. ruanglesonline merupakan wadah untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit dengan mode visual video selama waktu 30 menit.

Keuntungan Menjadi Pengajar di Ruang Guru

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan bila mengajar di ruang guru. Berikut ini adalah beberapa keuntungan mengajar di ruang guru.

1. Penghasilan per bulan

Kamu akan mendapatkan penghasilan sebanyak jutaan per satu bulan. Gaji yang kamu dapatkan tersebut akan disesuaikan dengan per jam ketika kamu mengajar. Ruang guru berkomitmen untuk membayar semua pengajar di platformnya secara tepat waktu sesuai dengan ketentuan.

2. Waktu mengajar Santai

Keuntungan lain dengan mengajar di ruang guru adalah kamu bisa mengajar dengan waktu yang lebih santai dan bisa menyesuaikan dengan kesibukan mu sehari-hari. Tidak ada ketentuan khusus untuk kamu mengajar di jam-jam tertentu. Semua bisa kamu sesuaikan dengan waktu longgar mu.

3. Ada banyak murid

Di aplikasi ruang guru kamu tidak perlu khawatir kamu tidak mendapatkan murid. Karena ada banyak sekali pengguna ruang guru dan bisa kamu dapatkan murid tersebut sesuai dengan mata pelajaran yang kamu ajarkan. Terlebih sekarang pengguna ruang guru sudah menjadi 6 juta orang bahkan lebih.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai Cara menjadi pengajar di ruang guru dan beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dari menjadi pengajar di ruang guru.

You may also like

Leave a Comment