Home Beasiswa Cara & Syarat Mendaftarkan Diri Untuk Mendapatkan Beasiswa Secara Umum

Cara & Syarat Mendaftarkan Diri Untuk Mendapatkan Beasiswa Secara Umum

by admin
Cara & Syarat Mendaftarkan Diri Untuk Mendapatkan Beasiswa Secara Umum

Beasiswa merupakan program pendidikan gratis yang di hadirkan baik oleh lembaga kepemerintahan atau negara dan juga oleh lembaga swasta. Untuk mendapatkan beasiswa tentu saja ada prosedur dan membutuhkan perjuangan. Kamu harus bersaing dengan banyak orang untuk memperebutkan beasiswa kuliah tersebut. Karena sudah pasti ada banyak orang yang mengincar beasiswa tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai Cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Memang mendapatkan beasiswa tidak mudah, tapi bukan berarti mustahil untuk di dapat. Lalu, bagaimana Cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa? Berikut ini adalah penjelasan lengkap Cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Jenis Beasiswa

Sebelum membahas mengenai cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa, ada baiknya untuk mengawali artikel kita bahas mengenai jenis-jenis beasiswa. Beasiswa sendiri bisa diartikan sebagai bantuan dana pendidikan dari pihak ketiga, bisa dari pihak pemerintah maupun dari swasta. Secara umum jenis beasiswa terbagi menjadi dua yaitu beasiswa parsial dan beasiswa penuh.

Jenis beasiswa tersebut terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang lain. Seperti beasiswa untuk yang kurang mampu secara ekonomis, beasiswa prestasi dan lain sebagainya. Namun jika di lihat dari penyelenggara beasiswa, biasanya mereka menawarkan beasiswa dengan dua jenis, yaitu beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri.

Tentu menurut pandangan orang awam, beasiswa luar negeri memiliki pesona yang mampu menarik minat banyak orang dengan pemikiran akademis yang tinggi. Namun baik itu beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri memiliki kualitas masing-masing yang tidak bisa dibanding-bandingkan. Kami akan menjelaskan beberapa perbedaan dari beasiswa luar negeri dan beasiswa dalam negeri. Berikut ini adalah perbedaan beasiswa dalam dan luar negeri.

Umumnya pemerintah akan mebiayai Beasiswa dalam negeri. Dan dana dari pemerintah tersebut di dapat dari anggaran APBN dari segi sektor pendidikan. Biasanya beasiswa yang diberikan oleh pemerintah ini lebih mengutamakan warga masyarakat atau pelajar yang memiliki kemampuan ekonomi rendah. Dan kebanyakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah diperuntukan bagi perguruan tinggi dalam negeri.

Sementara itu, beasiswa luar negeri pada umumnya di selenggarakan oleh pihak negara terkait. Maksudnya beasiswa luar negeri ini untuk segi biaya di tanggung oleh pemerintah dari negara yang bersangkutan melalui duta besar yang ada di negara ini. Sebagai contoh misalnya pemerintah jepang mengadakan beasiswa ke universitas di jepang, maka duta besar jepang yang berada di Indonesia akan menjaring siswa berprestasi untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Syarat Mendapatkan Beasiswa

Syarat Mendapatkan Beasiswa secara umumAda beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar bisa terverifikasi dan masuk dalam klasifikasi peserta yang berkemungkinan besar mendapatkan beasiswa. Berikut ini adalah beberapa syarat sebagai cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa.

  1. Pelamar beasiswa tidak sedang terikat dengan penyelenggara beasiswa yang lain. Maksudnya, ketika kamu mendaftar satu beasiswa maka kamu tidak sedang menjalankan program beasiswa serupa dari pihak yang lain.
  2. Ketika mendapatkan beasiswa, mahasiswa tersebut memiliki komitment yang teguh untuk dapat menyelesaikan masa kuliahnya dengan cepat. Hal ini dikarenakan beasiswa adalah dana bantuan dari pihak ketiga untuk si mahasiswa menyelesaikan kuliahnya. Dengan kata lain yang lebih kasar, mahasiswa yang mendapat beasiswa harus sadar diri.
  3. Pelamar beasiswa memiliki status sebagai pelajar atau mahasiswa. Lalu, bagaimana jika sudah lulus? Tentu masih bisa mendapatkan beasiswa. Hanya saja tahun lulus sekolah atau kuliah tersebut tidak lebih dari 2 atau 3 tahun ketika mendaftar beasiswa tersebut.
  4. Pelamar beasiswa tersebut memiliki nilai akademis yang tinggi dan bisa menembus dan lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang di inginkan.
  5. Beasiswa juga berlaku untuk masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang rendah dan tidak bisa membayar biaya perkuliahan. Dengan syarat mampu secara akal untuk menyelesaikan semua materi pelajaran selama kuliah.
  6. Calon penerima beasiswa memiliki kelakuan yang baik dan tidak pernah memiliki riwayat kriminal.
  7. Pelamar beasiswa harus melengkapi semua dokumen-dokumen yang digunakan sebagai syarat semisal ijazah, sertifikat prestasi dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Beasiswa

Cara Mendapatkan Beasiswa secara umumSetelah kamu mengetahui beberapa jenis beasiswa dan syarat mendaftar beasiswa, berikutnya akan kami jelaskan langkah demi langkah cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Berikut ini adalah cara yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa :

1. Cari website Sponsor beasiswa

Tahapan pertama adalah kamu cari website resmi yang menyelenggarakan beasiswa tersebut. Kamu bisa langsung cek website tersebut jika sudah ketemu. Pelajari semua hal yang menjadi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa dari website tersebut.

Mengapa harus mengecek website? Agar kamu terhindar dari penyelenggara beasiswa yang abal-abal. Hampir semua beasiswa di zaman sekarang diselenggarakan dengan sistem online. Untuk mengantisipasi penipuan, kamu bisa menelaah dengan detail website penyedia beasiswa tersebut. Apakah valid atau tidak.

Cara mengeceknya juga mudah. Kamu bisa lihat domain yang digunakan. Jika menggunakan domain berbayar maka bisa jadi website tersebut resmi. Tapi bukan hanya perkara domain saja. Kamu bisa cek daftar universitas yang bekerja sama dengan sponsor tersebut agar bisa memastikan dengan benar.

2. Membuat Akun

Setelah memastikan website tersebut bukan abal-abal, tahapan berikutnya adalah kamu membuat akun untuk mendaftar dan mendapat beasiswa tersebut. Biasanya penyelenggara beasiswa yang menggunakan sistem online menyediakan form pendaftaran.

Sebagai contoh adalah website resmi dari KIP-Kuliah. Pada halaman website tersebut terdapat formulir pendaftaran yang harus kamu isi menggunakan Nik, Nisn dan juga Nomer sekolah. Setelah itu jika pendaftaran berhasil dilakukan kamu akan mendapatkan email berupa konfirmasi.

3. Konfirmasi Email

Kamu akan mendapatkan kode untuk mengakses situs web penyedia beasiswa tersebut melalui email. Dengan kode tersebut bisa membuat kamu mengakses situs web bersangkutan. Bagi setiap pelamar beasiswa kode yang diberikan berbeda beda satu dengan yang lain.

Kamu harus menyimpan dan mengingat kode akses untuk masuk ke halaman inti dari website penyelenggara beasiswa tersebut. Ketika kamu mengakses website menggunakan kode akses yang kamu terima, maka kamu akan di arahkan ke halaman pengisian data lebih lanjut.

4. Siapkan dokumen

Persiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pendaftaran beasiswa. Dokumen tersebut berupa fotocopy ijazah atau pas foto dan lain sebagainya. Adapun format dari dokumen tersebut berbeda-beda tergantung dari penyelenggara beasiswa. Bisa beruap pdf, word, zip, jpg dan sebagainya.

5. Kirim

Jika semua tahapan dan identitas sudah kamu isi secara lengkap, maka kamu kirim semua dokumen tersebut. Setelah itu kamu tinggal menunggu apakah kamu di terima untuk mendapatkan beasiswa atau tidak. Jika kamu gagal, jangan frustasi dan coba lagi besok.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan dari berbagai tingkat pendidikan.

You may also like

Leave a Comment