Home Pendaftaran Tata Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Anggota TNI Terbaru 2020

Tata Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Anggota TNI Terbaru 2020

by admin
Tata Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Anggota TNI Terbaru 2020

Selain polisi, tentara juga menjadi salah satu profesi yang ideal dan terpandang. Kesan gagah dan karismatik selalu terlihat mentereng bagi seorang tentara. Untuk menjadi tentara, kamu harus mengikuti sekolah tentara terlebih dahulu. Di sekolah tersebut kamu akan di didik menjadi seorang prajurit tentara yang handal dan siap membela NKRI Harga Mati. Lalu bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi anggota TNI terbaru tahun ini?

Tentu saja untuk dapat di terima di sekolah tentara tidaklah mudah. Ada syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi saat mendaftar menjadi TNI Akmil. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi seorang tentara. Berikut ini adalah cara mendaftarkan diri menjadi anggota TNI yang harus kamu lakukan untuk mendaftarkan diri menjadi seorang tentara.

Syarat Umum Mendaftar TNI Akmil

Tentu untuk mendaftar menjadi anggota tentara, ada kriteria dan syarat tersendiri yang harus terpenuhi. Ada beberapa syarat untuk menjadi TNI. Salah satunya adalah persyaratan umum. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa syarat umum yang harus kamu penuhi untuk mendaftar menjadi anggota  TNI. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, yang artinya untuk penganut paham agnostik atau atheis tidak berkenan untuk menjadi anggota tentara nasional Indonesia.
  3. Setia kepada kedauluatan negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan dengan Undang-undang dasar tahun 1945 dan Pancasila.
  4. Batas minimal usia pendaftar TNI adalah usia 17 tahun 9 bulan dan batas maksimal pendaftar TNI adalah usia 21 tahun pada tanggal 1 Agustus 2020.
  5. Peserta pendaftar TNI tidak memiliki catatan kriminal yang di keluarkan oleh kepolisian republik Indonesia. Surat keterangan tersebut dibawa pada saat melakukan tes psikologi.
  6. Peserta sehat secara jasmani dan juga rohani.
  7. Peserta tidak di vonis sedang dalam hak kehilangan menjadi prajurit oleh putusan pengadilan negeri yang memiliki hukum tetap.

Syarat Lain :

  1. Berjenis Kelamin Laki-laki.
  2. Peserta bukan dari golongan prajurit atau mantan prajurit atau PNS TNI.
  3. Peserta paling minimal berpendidikan SLTA sederajat.
  4. Lulusan SMA jurusan IPA tahun lulus 2015 memiliki nilai rata-rata ujian nasional 55,00.
  5. Lulusan SMA jurusan IPA tahun lulus 2016 memiliki nilai rata-rata ujian nasional 50,00.
  6. Lulusan SMA jurusan IPA tahun lulus 2017 memiliki nilai rata-rata unian nasional 47,00.
  7. Lulusan SMA jurusan IPA tahun lulus 2018 memiliki nilai rata-rata ujian nasional 46,00.
  8. Lulusan SMA jurusan IPA dan IPS tahun lulus 2019 memiliki nilai rata-rata ujian nasional, jurusan Ipa 47,50 dan jurusan ips 45,00.
  9. Lulusan SMA jurusan IPA dan IPS tahun lulus 2020 akan di tentukan dikemudian hari.
  10. Tinggi badan paling minimal adalah 163 cm dengan berat badan yang seimbang dan ideal untuk standar seorang prajurit.
  11. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah sampai dengan menyelesaikan program pelatihan kurang lebih selama 2 tahun kedepan.
  12. Peserta bersedia mengikuti dan terikat dinas selama kurun waktu 10 tahun.
  13. Peserta yang lolos harus bersedia untuk di tempatkan berdinas di seluruh wilayah Indonesia.
  14. Peserta harus mengikuti semua agenda selama proses seleksi yang antara lain adalah adminitrasi, kesehatan, mental ideologi, psikologi dan juga akademis.

Syarat tambahan

  1. Peserta telah mendapatkan izin dari orang tua dan orang tua tidak berhak mengintervensi pantia selama masa seleksi berlangsung.
  2. Seleksi masuk tentara akmil tidak di peruntukan bagi remidial. Dan untuk siswa yang memiliki ijazah luar negeri harus mendapatkan pengesahan dari dinas pendidikan terlebih dahulu.
  3. Peserta akmil tidak memiliki tato dan bekas tatto. Peserta akmil tidak memiliki tindik dan bekas tindik. Terkecuali karena adanya adat dari daerah tertentu yang mengharuskan untuk bertato dan bertindik.
  4. Menyertakan surat persetujuan dari instansi terkait dan bersedia di tempatkan tugas dimana saja.
  5. Melampirkan surat keterangan dari babinsa dan diketahui oleh ketua rt dan rw di tempat tinggal.
  6. Memiliki kartu BPJS.
  7. Menyatakan untuk tidak melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme atau kkn.

Nah itulah beberapa syarat untuk mendaftar Akmil TNI Angkatan Darat.

Syarat Umum Mendaftar Bintara TNI AD

Berikut ini adalah beberapa persyaratan secara umum ketika kamu ingin tata cara mendaftarkan diri menjadi anggota TNI bintara Angkatan Darat. Simak syarat daftar Bintara TNI AD yang ada di bawah ini :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
  3. Setia kepada kedauluatan negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pada Undang-undang dasar tahun 1945 dan Pancasila.
  4. Batas minimal usia pendaftar TNI adalah usia 17 tahun 9 bulan dan batas maksimal pendaftar TNI adalah usia 21 tahun pada tanggal 28 September 2020.
  5. Di kepolisian tidak memiiki catatan kriminalitas atau cacat hukum.
  6. Tidak berkaca mata, sehat secara jasmani dan rohani.
  7. Peserta tidak sedang dalam hak kehilangan hak menjadi prajurit oleh putusan pengadilan negeri yang memiliki hukum tetap yang berlaku saat ini.

Syarat Lain :

  1. Laki-laki dan perempuan
  2. Peserta bukan dari golongan prajurit atau mantan prajurit atau PNS TNI.
  3. Peserta paling minimal berpendidikan SLTA sederajat.
  4. Peserta lulusan SMA, MA, SMK Sederajat tahun 2015 dengan memiliki nilai ujian akhir nasional 55,00.
  5. Peserta lulusan SMA, MA, SMK Sederajat tahun 2016 dengan memiliki nilai ujian akhir nasional 50,00.
  6. Peserta lulusan SMA, MA, SMK Sederajat tahun 2017 dengan memiliki nilai ujian akhir nasional 40,00 untuk pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Untuk provinsi lain minimal 38,00.
  7. Peserta lulusan SMA, MA, SMK Sederajat tahun 2018 dengan memiliki nilai ujian akhir nasional 39,00 untuk pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Untuk provinsi lain minimal 37,00.
  8. Peserta lulusan SMA, MA, SMK Sederajat tahun 2019 dengan memiliki nilai ujian akhir nasional 40,05 untuk pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Untuk provinsi lain minimal 38,05.
  9. Tinggi minimal untuk laki-laki adalah 163 cm dan untuk perempuan adalah 157 cm.
  10. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah sampai dengan menyelesaikan program pelatihan kurang lebih selama 2 tahun kedepan.
  11. Peserta bersedia mengikuti dan terikat dinas selama kurun waktu 10 tahun.
  12. Peserta yang lolos harus bersedia untuk di tempatkan berdinas di seluruh wilayah Indonesia.
  13. Peserta harus mengikuti semua agenda selama proses seleksi yang antara lain adalah adminitrasi, kesehatan, mental ideologi, psikologi dan juga akademis.

Kesimpulan

Untuk informasi lebih detail kamu bisa cek di website resmi TNI angkatan darat agar informasi yang kamu dapatkan benar-benar valid. Kamu juga bisa mengetahui prosedur lebih detail mengenai pendaftaran TNI tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tata cara mendaftarkan diri menjadi anggota TNI terbaru di tahun ini.

You may also like

Leave a Comment